Konata Izumi Dancing #navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none; }

Wanita Cantik Di Indonesia

Rabu, 26 Oktober 2011

Bagi kaum adam,membicarakan wanita cantik tidak akan ada habisnya, bisa sampai lupa waktu. Begitu mempesonanya perempuan cantik, bisa bikin para pria tergila-gila. Banyak lagu dan film diinspirasi oleh kecantikan kaum hawa ini. Standar kecantikan global masa kini, jelaslah didominasi oleh kultur kecantikan barat. Standar ini meliputi tubuh tinggi langsing, kaki jenjang, kulit putih, atribut lainnya: hidung mancung,dan  rambut panjang yang lurus.

Sesungguhnya standar ideal kecantikan selalu berubah dari masa ke masa. Pada abad ke 19 wanita yang cantik menarik diidentikan dengan wanita yang bertubuh subur. Tubuh yang subur pada masa itu melambangkan kemampuan seksual dan reproduksi yang baik. Sejak munculnya model fashion Twiggy yang bertubuh super ramping, pada era 60-an, tubuh langsing dijadikan patokan konsep feminin yang ideal, sehingga upaya mengurangi berat badan menjadi obsesi nasional di Amerika.


Selain berdasarkan trend, standar kecantikan juga tidak terlepas dari latar belakang sosio kultural. Di Amerika, wanita cantik haruslah berambut pirang (blonde).  Di Korea dan Jepang, mata yang besar dan hidung yang mancung menjadi patokan. Operasi plastik untuk memperbaiki bentuk hidung dan bentuk mata menjadi sesuatu yang umum di kota kota besar Korea dan Jepang (Kawamura, dalam Cash dan Pruzinsky, 2002). Namun walau ada perbedaan faktor budaya tersebut, standar kecantikan ideal yang menjadi acuan bersama seluruh wanita di dunia, tanpa dihalangi sekat sekat geogarfis dan sosio kultural tetap saja standar kecantikan barat.

Bagi perempuan Indonesia, mencapai standar kecantikan ideal tersebut merupakan perjuangan maha berat tentu saja. Kulit perempuan Indonesia cenderung gelap, hidung tidak terlalu mancung, tubuhpun tidaklah tinggi. Padahal, perempuan Indonesia sendiri tidaklah kurang cantiknya. Sudah banyak legenda mengenai wanita-wanita cantik asal Indonesia. Ken Dedes adalah salah satu legenda perempuan cantik yang paling kondang di Indonesia jadul.  Banyaknya suku suku di Indonesia melahirkan ciri khas kecantikannya sendiri. Berikut ini daftarnya:

1.  Perempuan Aceh

Membicarakan perempuan Aceh, yang terbayang di benak kita pastilah wajah cantik perpaduan antara Melayu, India, Arab dan sebagian Eropa (Aceh sendiri, singkatan dari Arab, China, Eropa, Hindia). Kulit perempuan Aceh,umumnya  sedikit gelap (di daerah Lamno, kulitnya putih karena banyak keturunan Portugis). Namun kecantikannya jelas tetap terlihat. Ciri khasnya mungkin tulang pipi yang menonjol dan hidung yang mancung. Perempuan Aceh yang terkenal saat ini jelas saja sang Puteri Indonesia : Qory Sandiorova (walau sebenarnya Qory lahir dan tumbuh di Jakarta).

13142373101819859014
Qory Sandiorova


2.  Perempuan Minang

Kecantikan perempuan Minang mirip dengan kecantikan perempuan Aceh. Secara letak geografis ya memang berdekatan. Daerah Minang meliputi Sumatra Barat, separuh daratan Riau, bagian utara Bengkulu, bagian barat Jambi, bagian selatan Sumatra Utara. Ciri khas kecantikan perempuan minang,kulit kuning dan hidung yang mancung tentu saja. Cantiknya?onde mande, jelas menawan…
13142374161936751337
Nindi Ayunda, penyanyi


3.  Mojang Priangan

Menyoal perempuan suku Sunda, semua lelaki berdecak lidahnya. Siapa laki-laki yang gak kenal neng geulis mojang priangan? Ciri khasnya? kulit putih dan hidung bangir. Banyak perempuan sunda menjadi artis terkenal di tanah air, bahkan  penyuplai terbesar (ini mungkin lebih karena kedekatan dengan ibukota Jakarta). Perempuan sunda terkenal? sampai saat ini mungkin Deasy Ratnasari si miss no comment juaranya (walau sudah gak kedengaran lagi kiprahnya).
1314238305117373671
Deasy Ratnasari


4.  Putri Solo

Apa yang terbayang di benak pria ketika membayangkan perempuan Solo? Ayu adalah kata yang tepat. Mengapa perempuan Solo identik dengan ke ayu-an? mungkin faktor sejarah keraton juga berperan. Orang membayangkan putri putri keraton dengan segala tradisi kecantikannya: luluran, ratus, pakai mandi kembang juga gak ya? Intinya wong ayu adalah si putri Solo. Perempuan cantik  berdarah Solo? Lagi-lagi puteri Indonesia, Artika Sari Devi (walaupun waktu ikut putri Indonesia, dia mewakili daerah Bangka Belitung hanya karena numpang lahir disitu).
13142376161668183214
Artika Sari Devi


5.  Perempuan Maluku

Ambon manise, julukan yang sering kita dengar. Ya, perempuan Ambon dan Maluku pada umumnya tentu saja manis. Berkulit sawo matang, dengan hidung mancung dan rambut ikal. Wilayah maluku meliputi gugusan kepulauan yang disebut kepulauan Maluku.
13142417311057355218
Ingrid B Salampessy, Finalis Miss Indonesia 2011


6.  Perempuan  Minahasa

Siapa yang tidak tahu ketenaran gadis minahasa dalam hal kecantikan? gadis-gadis Minahasa berkulit putih, sedikit oriental,mirip orang Philipina. Secara geografis memang berdekatan.  Minahasa dahulu disebut Tanah Malesung adalah kawasan di dalam provinsi di semenanjung Sulawesi Utara di Indonesia sesuatu daerah yang indah, terletak di bagian utara timur pulau Sulawesi, yang mencakup 27.515 km persegi, terdiri dari empat daerah Bolaang Mongondow, Gorontalo, Minahasa dan kepulauan Sangihe dan Talaud (wikipedia).Perempuan terkenal asal Minahasa saat ini siapa ya? saya tahunya hanya duo bidadari, Angel Karamoy dan Angelina Sondakh.
1314238971672723384
Angel Karamoy sebelum jadi emak emak
Begitulah pandangan subyektif saya (hehehehe) soal kecantikan perempuan Indonesia. Diluar yang saya sebutkan diatas bukan berarti tidak cantik, hanya keterbatasan pengetahuan saya sajalah yang membuat saya hanya mencantumkan enam suku atau daerah, dari banyaknya suku/ daerah di Indonesia.Kalau ada yang mau menambahkan silahkan. Intinya, kecantikan perempuan Indonesia, tidaklah kalah dibandingkan dengan perempuan-perempuan dari belahan dunia lain. Jadi gak perlu ngoyo untuk mengikuti standar ideal kecantikan barat.

0 komentar: